$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Bawaslu Demak Gandeng Pegiat Media Sosial Sosialisasikan Pengawasan Pemilu 2019

Bagikan :

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak senin kemarin (4/12) menggelar rapat sosialisasi pengawasan pemilu 2019 dengan menggandeng 50 pegiat media sosial dan perwakilan mahasiswa AKN Demak. Mereka adalah para admin group-group media sosial yang selama ini sangat aktif dengan anggota ratusan ribu.

Acara yang berlangsung dari jam sembilan pagi hingga dua belas siang di ballrom hotel Amantis dihadiri oleh komisioner Bawaslu Demak bersama staff, dan Perwakilan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.
Acara dibuka oleh ketua Bawaslu Kabupaten Demak Khoirul Saleh, kemudian diisi dengan materi oleh tiga narasumber. Pertama narasumber dari Bawaslu Jawa Tengah Heru Cahyono Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, kedua Lispiatun dari Bawaslu Demak Divisi SDM dan Organisasi, ketiga Ulin Nuha dari Bawaslu Demak Divisi Sengketa.

Khoirul Shaleh dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas pengawasan tidak bisa dikakukan sendiri oleh Bawaslu mengingat jumlah anggota Bawaslu yang sangat sedikit, oleh karena diperlukan peran aktif masyarakat. Pada kesempatan rapat sosialisasi ini Bawaslu bisa mengundang para pegiat sosial media diharapkan info yang diperoleh dari acara ini bisa disebar dan diviralkan di dunia maya. Sebelumnya Bawaslu juga telah mengundang berbagai kalangan dalam acara yang serupa antara lain dari ormas, kelompok profesi, tokoh masyarakat juga para pelajar yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Dimana para pemilih pemula ini butuh banyak bimbingan.

Pemilu 2019 Pemilu Rumit

Khoirul Shaleh juga menekankan bahwa pemilu 2019 yang bakal dihadapi adalah pemilu yang rumit. Di mana dalam satu waktu dan tempat dilakukan lima pemilihan sekaligus; pemilihan DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Pemilihan DPD dan Sekaligus Pemilihan Presiden. Pemilih akan diberikan lima lembar surat suara untuk masing-maaing pemilihan. Ini membutuhkan waktu yang sangat lama, oleh karena itu butuh kerja sama semua pihak agar proses bisa berjalan dengan sukses tanpa ekses.

Senada dengan Khoirul Saleh, Heru Cahyono dari Bawaslu Jawa Tengah juga menyoroti rumitnya pemilu 2019. Ia membandingkan dengan pemilu-pemilu di negara malaysia, india, amerika yang sangat sederhana. Dengan rumitnya pemilihan ini diperkirakan akan memakan waktu yang sangat lama dan berpotensi menimbulkan masalah, salah satunya dengan aturan bahwa penghitungan suara harus dikerjakan pada hari dilakukannya pencoblosan. Jika penghitungan molor hingga melebihi jam dua belas malam yang berarti sudah berganti hari, apa eksesnya? Ini perlu dipikirkan bersama.

Masalah lain dalam penghitungan suara adalah tidak konsentrasi, masing masing pihak sudah kelelahan. Hal ini berpotensi terjadi kesalahan maupun pelanggaran. Sebagai contoh Heru menyebutkan ada pengalaman pernah terjadi Ketua KPPS yang anaknya jadi caleg melakukan kecurangan saat penghitungan surat suara. Ketika partainya dicoblos tanpa dicoblos nama caleg, maka ketua KPPS menyebut nama anaknya. Yang terjadi adalah anaknya sekarang bisa jadi anggota Dewan.

Heru juga menyebutkan dalam setiap tahapan pemilu berpotensi terjadi pelanggaran. Mulai dari tahap pendaftaran, kampanye, pemcoblosan, penghitungan suara, hingga pengumuman hasil pemilu. Untuk saat sekarang Heru menyampaikan agar masyarakat tahu bahwa saat ini pemilu dalam tahap masa kampanyen hingga bulan maret 2019. Jadi masa kampanye sangat panjang, selama masa kampanye yang panjang itu sangat berpotensi terjadi pelanggaran. Oleh karena itu masyarakat diminta peran aktifnya.

Sementara itu Ulin Nuha dari Bawaslu Demak divisi Sengketa menambahkan agar masyarakat aktif melaporkan jika menemukan pelanggaran. Di dunia maya Bawaslu sudah menyediakan kanal, situs, email dan WA yang bisa diakses oleh masyarakat. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mengakses berbagai informasi tentang pemilu.

Ulin Nuha juga menghimbau agar masyarakat tidak cukup melaporkan via WA atau dunia maya, tapi juga melapor dengan mendaftarkan diri laporan ke kantor Bawaslu. Sebab jika hanya melalui WA maka itu secara hukum hanya dianggap temuan, bukan laporan. Beberapa kasus bisa ditindak lanjuti jika statusnya berupa laporan, bukan temuan.

Sementara Lispiatun dari Divisi SDM dan Organisasi, Bawaslu Demak mengaharapkan para peserta bisa menyampaikan materi yang diperoleh selama rapat sosialisasi kepada orang-orang di sekitar.

KOMENTAR

Nama

Acara,13,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Bawaslu Demak,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,7,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,59,Kabar Nasional,6,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KH. Ma'ruf Amin,1,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,16,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,11,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,5,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Bawaslu Demak Gandeng Pegiat Media Sosial Sosialisasikan Pengawasan Pemilu 2019
Bawaslu Demak Gandeng Pegiat Media Sosial Sosialisasikan Pengawasan Pemilu 2019
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak senin kemarin (4/12) menggelar rapat sosialisasi pengawasan pemilu 2019 dengan menggandeng 50 pegiat media sosial dan perwakilan mahasiswa AKN Demak. Mereka adalah para admin group-group media sosial yang selama ini sangat aktif dengan anggota ratusan ribu.
https://1.bp.blogspot.com/-_B20VofiJY0/XAe0Tx1AMAI/AAAAAAAAFOc/WqDb9KjB9wo0mDmoeUgvpHHP7x03duH4QCLcBGAs/s320/IMG_20181204_091817.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_B20VofiJY0/XAe0Tx1AMAI/AAAAAAAAFOc/WqDb9KjB9wo0mDmoeUgvpHHP7x03duH4QCLcBGAs/s72-c/IMG_20181204_091817.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2018/12/bawaslu-demak-gandeng-pegiat-media-sosial.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2018/12/bawaslu-demak-gandeng-pegiat-media-sosial.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin