$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

MoLiMo, Tips Agar Sukses Membina Keluarga Sakinah

Bagikan :

Pada bulan-bulan tertentu dalam satu tahun, ada bulan yg mendapat julukan bulan "kondangan". Biasanya yaitu bulan syawal & bulan Dzulhijah. Nah saat kami ikut kondangan di Dukuh kliteh kecamatan bonang kabupaten demak, rasanya ingin membagi salah satu tips yang diberikan oleh pak kyai saat khotbah nikah agar bisa membina keluarga yang sakinah mawaddah warohmah penuh berkah rejeki melimpah. Semoga tips ini menjadi bekal persiapan bagi yang masih jomblo, dan menjadi pengingat bagi yang udah berkeluarga

Foto Pernikahan Keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah

Tentunya kita baik yang jomblo, maupun sudah menikah mendambakan rumah tangga yg sakinah, mawadah warom ah, bukan? Berikut salah satu tips dalam berumah tangga yg bisa diterapkan, yaitu dengan cara MoLiMo.Apa itu molimo? Berikut poin-poin dalam MoLiMo:

  1. MLUMAH
  2. MENGKUREP 
  3. MODOD 
  4. MLEBU 
  5. METU

Mari kita bahas satu per satu.

1. Mlumah 

Dalam bahasa jawa mlumah berarti suatu posisi berbaring yg menghadap ke depan/atas/atap. Maksud mlumah disini yaitu setiap pasangan suami istri hendaknya saling terbuka, terus terang tidak ada yg ditutup-tutupi. Suami istri harus saling percaya untuk berbagi masalah dsb. Maka jadikanlah pasangan kita tempat curhat kita.

2. Mengkurep 

Mengkurep yaitu posisi tengkurap, tubuh menghadap alas dan membelakangi atap. Maksud dari poin ini adalah hendaknya pasangan bersifat tertutup atas hal-hal yang seharusnya hanya diketahui internal.Bahkan meskipun itu orang tua kita, seyogyanya urusan dapur kita ya hanya pasutri yang tahu. Jadi suami atau istri tidak sepatutnya membiacarakan urusan rumah tangga k e orang lain.

3. Modod 

Modod dalam bahasa jawa merupakan adanya perubahan ukuran atas sesuatu. Dari kecil menjadi besar atau dari pendek menjadi panjang. Yang dimaksud modod disini yaitu dari sedikit menjadi banyak. Sebuah rumah tangga tentunya menginginkan generasi penerus ( keturunan). Sebuah kebahagiaan tiada tara bagi sebuah keluarga yg memiliki generasi penerus dari nasabnya. Apalagi bisa memiliki generasi penerus yg berkualitas.

4. Mlebu 

Dalam bahasa jawa mlebu memiliki arti masuk. Yang namanya masuk berarti ada sesuatu yang mulanya diluar kemudian berjalan menuju ke sebuah pintu masuk. Yang dimaksudkan masuk disini adalah, dalam sebuah keluarga hendaknya ada pemasukan berupa materi untuk menghidupi seluruh anggota keluarga. Bagaimanapun juga materi merupakan hal yg penting dalam keberlangsungan sebuah rumah tangga . Kebutuhan sandang pangan papan akan tercukupi bila tersedia materi. Rumah tangga tidak hanya sekedar butuh cinta namun diperlukan kekokohan materi juga.

5. Metu 

Metu adalah sebuah proses dari jalan masuk menuju jalan keluar. Metu yang dimaksudkan disini yaitu dalam sebuah keluarga henndaknya tidak menggunakan atau bahkan menghabiskan semua materi yg diperoleh murni untuk lebutuhan pribadi.Namun keluarkanlah juga untuk infaq, sedekah untuk membantu sesama.
Demikian Demak lovers, salah satu tips dalam berumah tangga.
Mudah-mudahan bermanfaat.

KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,19,Kabar Nasional,2,Karang Taruna,3,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,90,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: MoLiMo, Tips Agar Sukses Membina Keluarga Sakinah
MoLiMo, Tips Agar Sukses Membina Keluarga Sakinah
http://2.bp.blogspot.com/-bqTG4hvs1Lw/VhqbrZhZkLI/AAAAAAAABjs/1QNl-9f7oVs/s400/Foto-pernikahan-keluarga-sakinah.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-bqTG4hvs1Lw/VhqbrZhZkLI/AAAAAAAABjs/1QNl-9f7oVs/s72-c/Foto-pernikahan-keluarga-sakinah.JPG
KCD News
https://www.kcdnews.com/2015/10/molimo-tips-agar-sukses-membina.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2015/10/molimo-tips-agar-sukses-membina.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin