$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Memprihatinkan!!! Jumlah Warga Demak Pengidap HIV/AIDS Diperkirakan 1173 Orang

Bagikan :


Data warga Demak pengidap HIV/AIDS kian hari makin memprihatinkan, berdasarkan surat edaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah nomor 443.22/36.07/3 jumlah warga Demak yang mengidap HIV/AIDS yang resmi tercatat mencapai angka 436 orang pada tahun 2016.  Angka tersebut adalah penderita yang ditemukan di wilayah Demak maupun di luar Demak. Seperti gunung es, pederita yang tak tercatat dan tidak terpantau jumlahnya jauh lebih besar dibanding yang tercatat di Dinkes. Dinkes provinsi Jateng melalui surat tersebut memperkirakan jumlah warga Demak pengidap HIV/AIDS seluruhnya berjumlah 1173 orang.

Data di atas terungkap dalam acara sosiasasi HIV /AIDS dan pembentukan forum warga peduli aids yang diselenggarakan oleh UPT Kecamatan Karanganyar dan Komisi Penganggualangan Aids (KPA) Kabupaten Demak, Selasa pagi (24/1) di gedung pertemuan kecamatan Karanganyar. Acara dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Sugiyanto, Sekretaris KPA Kabupaten Demak Zainudin, dan  Narasumber Kepala Bidang Pengendalian, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Heri Winarno. Peserta acara sosialisasi melibatkan kepala desa, bidan, ketua karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ketua PKK dari seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan Karanganyar.

Sosialisasi HIV AIDS dan pembentukan forum warga peduli aids

Zainudin dalam sambutannya mengungkapkan keprihatinan jumlah penderita HIV/AIDS di Demak yang setiap tahun bertambah banyak. Pada tahun 2014 tercatat penderita baru 62 orang, tahun 2015 bertambah 72 orang, dan 2016 ada penambahan 60 orang. Melalui acara ini dia meminta kerja sama semua pihak untuk bersama-sama mencegah penyebaran HIV/AIDS mengingat warga Demak memiliki potensi risiko terinfeksi HIV, di mana banyak warga Demak yang merantau ke luar Demak jauh dari keluarga, terpisah lama dengan istri. Dan di Demak sendiri terdapat tempat-tempat yang berisiko dalam menyebarkan HIV. “Di Demak tidak ada lokalisasi, tapi di Demak ada banyak lokasi, bahkan hanya dengan bayar 10 ribu” kata Sekretaris KPA Demak.

Heri Winarno Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Demak memaparkan perihal HIV/AIDS mulai dari definisi, ciri-ciri, dampak HIV/AIDS hingga penyebab dan penanggulangannya.

Heri Winarno Kabid P3PL Dinkes Kabupaten Demak menyampaikan materi tentang HIV AIDS

Ibu Rumah Tangga Peringkat Satu Penderita HIV/AIDS

HIV menyerang siapa saja dan dari latar belakang profesi apa saja, tidak hanya mereka yang dianggap “nakal”. Tidak terkecuali Ibu rumah tangga dan balita, bahkan menurut data Dinas Kesehatan Jawa Tengah jumlah ibu rumah tangga penderita HIV AIDS yang tercatat sebanyak 6500 orang, menduduki peringkat pertama. Sementara PSK menempati urutan ke 5 dengan jumlah 2125 orang.

Ibu  yang mengidap HIV AIDS berisiko menularkan virus HIV pada bayi yang ada dalam kandungannya. Hal ini terbukti dengan ditemukannya kasus bayi yang terinfeksi HIV lahir dari Ibu positif terinveksi HIV. Akan tetapi infeksi HIV pada janin dan bayi yang dilahirkan bisa dicegah apabila si ibu mengetahui kondisinya sejak dini dan mau melakukan treadment yang disarankan oleh konselor. Oleh karena itu, menurut Heri Dinas kesehatan meminta para bidan yang ada di Desa agar melakukan test HIV Aids pada setiap ibu yang baru hamil yang berisiko terinfeksi HIV.

Jangan Kucilkan Penderita HIV/AIDS

Dimasyarakat stigma/anggapan orang pada penderita HIV/AIDS masih negatif, mereka cenderung dikucilkan. Bahkan ada kasus yang diceritakan oleh Heri, ada ibu muda yang baru saja melahirkan bayi diusir oleh orang tuanya karena diketahui mengidap HIV/AIDS. Hal ini tidak lepas dari pengetahuan masyarakat yang keliru mengenai HIV AIDS. HIV dianggap penyakit kutukan bagi mereka yang “nakal”. Padahal faktanya tidak semua pengidap HIV AIDS berperilaku “nakal”.

Ada pula mereka yang menjauhi penderita HIV/AIDS, karena takut tertular, padahal virus ini tidak mudah menular. Aktivitas sosial dan kegiatan bersama tidak akan menyebabkan orang menularkan atau tertular HIV AIDS. Virus ini TIDAK akan menular melalui berjabat tangan atau sentuhan kulit, ciuman, duduk bareng, bersin atau batuk, bahkan makan di wadah yang sama. Virus ini hanya menular melalui tiga media yaitu Darah, Cairan seperma/vagina, dan ASI. Berikut ini aktivitas yang berisiko tertular HIV AIDS, melakukan sex berganti-ganti pasangan, jarum tato yang tidak steril, dan menggunakan jarum suntik bersama-sama.

Mitos Antibiotik, Antibiotik Tidak Bisa mencegah HIV

Beredar mitos di masyarakat, “untuk mencegah kena HIV minum anti biotik sebelum main dengan PSK”. Mitos itu TIDAK BENAR kata heri, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kab. Demak ini menjelaskan anti biotik tidak bisa membunuh virus HIV. Segagah sesehat apapun dia, meskipun minum anti biotik begitu dia terinfeksi HIV ia akan positif HIV.

Test dan Pengobatan HIV/AIDS Gratis

Bagi orang yang merasa berpotensi terinfeksi HIV bisa melakukan tes gratis di seluruh puskesmas yang ada di kabupaten Demak. Tes ini penting karena virus ini hanya bisa dideteksi melalui tes laboratorium, tidak bisa dikenali dari kondisi fisik tubuh seseorang. Virus ini masuk ke tubuh manusia tidak langsung menyerang fisik, butuh 3-10 tahun baru sesorang yang positif HIV akan merasakan gejala penurunan kesehatan dan serangan berbagai penyakit. Bisa jadi orang yang tampak segar bugar gagah perkasa, namun dia positif mengidap HIV. Oleh karenanya disinilah pentingnya melakukan test HIV bagi seseorang yang berisiko kena HIV.

Mengidap HIV / AIDS bukan berarti kiamat. Penderita positif HIV/AIDS masih bisa diobati dengan meminum obat ARV. Obat ARV ini disediakan gratis oleh pemerintah bisa didapat di puskesmas atau rumah sakit yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Obat ARV ini hanya bersifat menghambat perkembangan virus HIV bukan membunuh virus HIV.


KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,20,Kabar Nasional,3,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,91,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Memprihatinkan!!! Jumlah Warga Demak Pengidap HIV/AIDS Diperkirakan 1173 Orang
Memprihatinkan!!! Jumlah Warga Demak Pengidap HIV/AIDS Diperkirakan 1173 Orang
https://2.bp.blogspot.com/-PPHnHNMNR30/WIgWkrjBt7I/AAAAAAAACms/C9q5rgrFGzgUCdrpnUiX0kpW-7bnGYzLwCPcB/s400/PicsArt_01-25-09.32.11.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-PPHnHNMNR30/WIgWkrjBt7I/AAAAAAAACms/C9q5rgrFGzgUCdrpnUiX0kpW-7bnGYzLwCPcB/s72-c/PicsArt_01-25-09.32.11.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2017/01/warga-demak-positif-hiv-aids-diperkirakan-1173-orang.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2017/01/warga-demak-positif-hiv-aids-diperkirakan-1173-orang.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin