$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Tips Memotret Pawai Malam Takbiran dengan Kamera Handphone

Bagikan :

Bentuknya yang praktis menyatu dengan handphone, bisa dipastikan semua orang membawa kamera. Dengan teknologi saat ini, kamera handphone cukup mumpuni untuk mengabadikan moment2 penting dan menarik yang kita temui, seperti pawai malam takbir keliling.

Meskipun demikian tetap saja ada kelemahan yang membuat kamera handphone belum bisa menyamai kemampuan kamera profesional.

Berikut ini tips tips memotret dengan kamera handphone agar hasilnya maksimal. Tips ini juga bisa digunakan untuk memotret acara karnaval malam hari seperti Night Carnival, Night Running, dan lainnya.



1. Pastikan Batre Penuh dan Memori Tersedia Cukup


Pawai malam takbiran biasanya berlangsung mulai habis isya hingga tengah malam, waktu yang lumayan lama. Jika handphone kita kapasitas batrenya hanaya 2000an mAh atau malah kurang, pastikan kita cas full dari rumah dan hematlah. Jangan gunakan untuk online, karena konsumsi batre akan sangat besar saat online.

Pastikan ruang memori tersedia utk menyimpan foto kita. Jika perlu hapus file2 yang tidak perlu. Bersihkan memori dengan aplikasi cleaner.

2. Cari Lokasi Yang Cukup Cahaya


Kelemahan utama pada kamera handphone adalah sensornya yg belum mendukung kondisi minim cahaya, terutama pada handphone dengan harga dibawah dua jutaan.

Oleh karena itu cari lokasi yang terang banyak cahaya semisal di dekat lampu penerangan jalan. tapi ingat JANGAN MEMOTRET SAAT OBJEK BERADA DIBAWAH LAMPU, sebab ini akan menyebabkan bayangan/area gelap pada bagian bawah objek.

Potretlah saat objek berada pada jarak beberapa meter sebelum lampu penerangan.

Usahakan di belakang objek jangan sampai ada cahaya yg menyorot terang.

3. Jangan Lakukan Hal Hal Berikut Ini


Jangan lakukan hal berikut ini:

- Jangan gunakan "zoom" untuk memperbesar objek, terutama bagi kamera yg resolusinya hanya 8 MP ke bawah. Zoom pada kamera hp adalah zoom palsu, itu hanya meng-crop foto. Jika ingin menge-zoom, medekatlah ke objek, berjalanlah kaki ke objek.

- Jangan Gunakan Mode "Modus Malam". Modus malam sangat baik jika digunakan utk memoto objek yang diam. Namun karena pawai objek yg difoto bergerak, menggunakan modus malam hanya akan membuat hasil foto nge-blur. Gunakan mode otomatis saja.

- Tangan jangan sampai bergerak saat memotret, sbb akan menyebabkan gambar blur.

- Jangan memotret dalam kondisi handphone berdiri "potrait", tp potretlah dlm kondisi horisontal/landscape. Tp ini tergantung media apa yang akan kita gunakan untuk publikasi.

4. Perhatikan Fokus Lensa


Sebelum menyentuh tombol rana/shuter "cekrek", pastikan lensa kamera kita sudah fokus ke objek. Sehingga hasil foto nya nanti tajam tidak ngeblur.

Untuk mengatur fokus lensa dengan cara menyentuh layar hp dibagian objek yg akan kita foto.

Agar fokus tidak berubah kita kunci fokusnya dengan menekan layar agak lama.

5. Perhatikan Komposisi Foto


Komposisi fotografi ibarat dalam dunia masakan adalah "resep" yang menentukan apakah sebuah foto akan enak dikonsumsi(dilihat) atau tidak. Ada beberapa daftar aturan komposisi yg perlu kita ketahui dan kita terapkan. Apa saja komposisi foto itu? bisa googling utk mencari apa saja komposisi tersebut.

6. Gunakan Aplikasi Untuk Perbaiki Foto


Berbeda dengan memoto pemandangan atau model, memotret karnaval atau pawai objek yang bergerak dan spontan menuntut kepiawaian dalam memainkan kamera. Kondisi seperti itu seringkali menghasilkan foto yang kurang sempurna, semisal foto miring, foto agak gelap / terlalu terang, dsb.

Untuk menyempurnakan hasil potret, kita bisa gunakan aplikasi yg sudah tersedia utk handphone atara lain snapseed, pict art, pic say, dll. Aplikasi tersebut bisa kita install di google play


7. Coba Memoret Berkali Kali dan Lupakan Tips Di Atas

Tips2 ini hanyalah panduan yg mgkn bisa anda gunakan atau mungkin juga tidak.

Dan lupakan tips2 diatas, jika anda menemukan cara yang lebih baik. Dan ikuti naluri anda bila insting anda sudah menyatu dengan kamera.


KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,2,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,21,Kabar Nasional,3,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,92,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Tips Memotret Pawai Malam Takbiran dengan Kamera Handphone
Tips Memotret Pawai Malam Takbiran dengan Kamera Handphone
Pawai malam takbiran sangat menarik untuk dilewatkan. Dengan kamera handphone yang kita miliki, kita bisa mengabadikan momen malam takbiran. Namun ada beberapa kelemahan kamera hp yang menjadi kendala. Berikut tips menggunakan kamera hamdphone untuk memotret event malam takbir keliling
https://2.bp.blogspot.com/-9jJzOA7rGHo/WUrPOynKZkI/AAAAAAAAC_0/Ry8pzSoEqV8LU6Vz3YWq_cY_A8Dl7kM4gCJoC/w954-h700-n-rw/PicsArt_06-21-11.06.55.png
https://2.bp.blogspot.com/-9jJzOA7rGHo/WUrPOynKZkI/AAAAAAAAC_0/Ry8pzSoEqV8LU6Vz3YWq_cY_A8Dl7kM4gCJoC/s72-w954-c-h700-n-rw/PicsArt_06-21-11.06.55.png
KCD News
https://www.kcdnews.com/2017/06/tips-memotret-pawai-malam-takbiran.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2017/06/tips-memotret-pawai-malam-takbiran.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin