$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

CITIZEN JURNALISME: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman

Bagikan :

Hadirnya internet mendorong perubahan budaya di masyarakat sekaligus menjadikan internet sebagai saluran dalam menyampaikan pendapat dan berita. Lewat akun sosial media atau blog seseorang ingin dianggap lebih dahulu tahu, lebih cepat dalam memberitahukan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka juga bebas memberikan pendapat dan membagi pengetahuan yang mereka miliki. Hal inilah yang mendorong tumbuh suburnya citizen jurnalisme.

buku citizen jurnalisme
Buku citizen jurnalisme - karya pepih nugraha
Beberapa tahun belakangan menjamur media online independen berbasis dot com. Hal ini terjadi Sebagai tanggapan atas sikap media mainstream yang tidak mengakomodir informasi-informasi yang ada di masyarakat, baik karena alasan ketatnya aturan perusahaan media, maupun karena ada "misi" tertentu. Di satu sisi menjamurnya media independen ini menjadi kabar baik karena makin banyak informasi yang kita terima. Namun di sisi lain akuntabilitas media yang dibuat warga ini jadi dipertanyakan. Maka disinilah pengetahuan seseorang akan ilmu citizen jurnalisme sangat dibutuhkan.

[post_ads]

Tumbuhnya praktik citizen jurnalisme medorong wartawan kompas pepih nugraha menuliskan sebuah buku yang berjudul Citizen Jurnalism: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman. Citizen Jurnalism menurut pepih diidentifikasi sebagai warga biasa yang tidak terlatih sebagai wartawan profesional namun dengan peralatan teknologi iniforasi yang dimilikinya bisa menjadi saksi mata atau sebuah peristiwa yang terjadi di sekitarnya, meliput, mencatat, mengumpulkan, menulis, dan menyiarkannya di media online karena memiliki semangat berbagi dengan pembaca.

Menurut pepih citizen jurnalism memiliki unsur-unsur antara lain: Warga biasa, Bukan wartawan profesional, Terkait fakta atau peristiwa terjadi, Memiliki kepekaan atas fakta atau peristiwa yang terjadi, Memiliki peralatan teknologi informasi, Memiliki Keingintahuan yang tinggi, Mempunyai kemampuan menulis dan melaporkan, memiliki semangat berbagi informasi dengan yang lain, memiliki blog pribadi atau blog sosial dan akrab dengan dunia onlin, menayangkan hasil liputannya di media online seperti blog atau media sosial, tidak berharap imbalan atas apa yang ditulisnya.

Buku ini menjadi kaya infomasi sebab ditulis oleh wartawan profesional sekaligus telah mempraktikan sendiri sebagai jurnalis warga yang terlepas dari "kekangan" ketatnya aturan perusahaan media. Dimana penulis mencoba menjadi jurnalis warga dengan menuangkan tulisan di blog pribadi. Penulis juga berpengalaman dalam melahirkan dan mengelola blog sosial yaitu "kompasiana". Selain ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam dunia jurnalistik, pepih juga banyak membawakan hasil teori dan karya pakar dunia dalam ilmu jurnalistik.

[post_ads_2]

Meskipun buku ini hanya setebal 190 halaman, namun buku ini cukup komplit menjelaskan apa yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis warga/citizen jurnalis. Penulisannya sistematis dan ringan. Meskipun sistematis, tapi pembaca masih bisa melompat dari satu topik ke topik lainya tanpa harus membaca secara berurutan. Lebih jelasnya buku ini berisi tulisan dengan bab-bab berikut:

1. "Citizen Reportage" Bukan "Citizen Journalism" :
  • Perkenalan Pertama,
  • Kita Semua Wartawan
  • Syarat Demokrasi.
  • 2. Apa itu Citizen Journalism?Drudge Melaporkan, Pangeran Harry Pun Ditarik dari Afganistan
3. Mulailah Dengan Memberikan Komentar
  • Pewarta Warga, Ancaman Bagi Editor?
  • Percakapan adalah Berita
  • Nanyi Sunyi Sebuah Batu
4. Habis Komentar, Terbitlah TUlisan Segar
  • Berfikir Kelas: Ibarat langit dan Comberan
  • Mengais-ngais Sampah untuk Sekolah
5. Bekal Kerja Pewarta Warga
  • Mengenal Nilai-nilai Berita
6. Dari Mana Memulai "Citizen Journalism'?
  • Hard News atau Soft News, Terserah...
  • 5W + 1H
  • Aki Jodan
7. Mencegah TUjuh DOsa Besar
8. Jangan Abaikan Netiket
9. Trolling dan Flaming
10. Memahami "Journalisme" dan "Sharisme"
  • Kematian "Blogger"
11. Merekonstruksi Masa Silam
  • Berkunjung ke PUlauw Nguyen
12. Media Sosial Pilar Kelima Demokrasi?
  • Menanti Meletusnya Revolusi Sunyi
Buku ini diharapkan menjadi rujukan bagi siapa saja yang berminat pada dunia jurnalistik, atau lebih luas lagi dunia kepenulisan. Dewasa ini kegiatan jurnalisme tidak sebatas milik wartawan profesional, melainkan juga warga biasa seiring dengan booming media sosial seperti situs facebook, mikrobloging twitter, blog pribadi maupun blog sosial.

Warga biasa bisa berarti siapa saja. Bisa saja ibu rumah tangga, guru, pelajar, dan mahasiswa, pegawai negeri sipil, militer, dan usahawan. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang mendalami komunikasi massa atau jurnalistik, citisen jurnalisme sudah merupakan mata kuliah tersendiri atau paling tidak kajian akademis.
[post_ads_2]
Citizen Jurnalisme tidak dimaksudkan untuk menjadikan warga biasa menjadi wartawan profesional yang dibayar oleh perusahaan media, semata-mata hadir untuk menyebarkan semangat berbagi (share) informasi sesuai minat dan bidang masing-masing orang. Dengan berbagai informasi, terjadi pertukaran pengetahuan dan pengalaman warga biasa yang tidak terbatas wilayah, ruang, dan waktu.

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,19,Kabar Nasional,2,Karang Taruna,3,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,90,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: CITIZEN JURNALISME: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman
CITIZEN JURNALISME: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman
https://3.bp.blogspot.com/-9VYq6KPpQXU/Vh3kT5Xh0YI/AAAAAAAABks/IunV7mCtp8g/s320/kcdnews-citizen-jurnalisme.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-9VYq6KPpQXU/Vh3kT5Xh0YI/AAAAAAAABks/IunV7mCtp8g/s72-c/kcdnews-citizen-jurnalisme.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2015/10/citizen-jurnalisme-pandangan-pemahaman-pengalaman.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2015/10/citizen-jurnalisme-pandangan-pemahaman-pengalaman.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin