$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

"Laut Nusantara" Aplikasi Untuk Nelayan Dan Mancing Mania

Bagikan :

Nelayan menangkap ikan 
[post_ads]
Bagi kamu mancing mania yang suka mancing di laut pengen dapat "strike" dan tangkapan banyak, atau anda nelayan yang ingin tangkapannya banyak sekarang ada aplikasi berbasisi android yang membantu mencarikan spot / tempat di laut yang ikannya sangat banyak. Nama aplikasinya adalah "Laut Nusantara".

Aplikasi ini diklaim telah terbukti membantu nelayan meningkatkan hasil tangkapan sebanyak dua kali lipat. Sebagaimana yang dialami oleh Wayan Kartika (45) nelayan asal Perancak Kecamatan Jembrana Bali, memperoleh tangkapan meningkat dua kali dari yang tadinya  5-10 kg menjadi sekitar 20 kg. Hal serupa disampaikan Mispandi nelayan dari Air Kuning, aplikasi Laut Nusantara memudahkan nelayan dalam menangkap ikan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Axiata bekerjasama dengan lembaga pemerintah di bidang perikanan dan kelautan ini selain menyediakan informasi lokasi ikan di laut, juga memuat informasi yang dibutuhkan nelayan seperti perkiraan cuaca, harga ikan,dll.

Aplikasi ini bisa berjalan perlu terhubung dengan internet untuk mengupdate informasi real time dari lembaga-lembaga yang terpercaya. Oleh karena itu aplikasi ini mungkin tidak bisa bekerja di tengah laut jauh dari tower BTS, sebab di sana tidak ditemukan sinyal operator seluler. Diperkirakan dalam jarak kurang dari 10 mil dari bibir pantai sinyal data masih bisa dijangkau, sehingga nelayan bisa memanfaatkan aplikasi ini dalam jarak tersebut.
[post_ads]
Aplikasi ini bisa diunduh di google play, dengan mengetik kolom pencarian dengan kata kunci "laut nusantar". Berikut infomasi singkat mengenai aplikasi Laut Nusantara yang membantu nelayan meningkatkan hasil tangkapan:

Laut Nusantara adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang dibangun oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bagi masyarakat Indonesia, terutama para nelayan di seluruh penjuru Nusantara.

Tujuan membangun aplikasi didasarkan atas pertimbangan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 2/3 wilayahnya merupakan lautan. Selainitu, total garis pantai yang dimiliki Indonesia mencapai lebih dari 95.000 km persegi, dan luas hamparan terumbu karang hingga 24,5 juta Ha. Selain itu, Indonesia juga masih menyimpan potensi kelautan lainnya yang juga melimpah, terutama berupa sumberdaya ikan (SDI), mineral dan bahan tambang, serta potensi transportasi/perhubungan.

Melalui aplikasi ini, pengguna aplikasi Laut Nusantara akan bisa mendapatkan informasi mengenai sebaran ikan nasional, sebaran ikan pelabuhan, dan sebaran ikan berdasarkan jenisnya. Selain itu, juga tersaji informasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya seperti terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran. Secara keseluruhan Aplikasi Laut Nusantara mempunyai nilai manfaat yang lebih luas dibanding aplikasi-aplikasi sejenis.

Fitur Aplikasi Laut Nusantara sangat update dan akurat karena data-datanya didapat langsung dari Balai Riset dan Observasi Laut pada Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui jalur khusus atau tunnelling. Kelahiran aplikasi ini memang tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh instansi Balai Riset dan Observasi Laut pada Kementrian Kelautan. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut, sehingga tidak diragukan keakuratannya.


Fitur-fitur yang tersaji di aplikasi Laut Nusantara:

1. Daerah penangkapan ikan
- Sebaran ikan
- Potensi sebaran ikan
- Data cuaca (arah angin, kecepatan angin, cuaca, tinggi gelombang pada koordinat tertentu)
- Status (aman, waspada dan bahaya) untuk melaut

2. Lapor Tangkapan
- Nelayan melaporkan hasil tangkapannya ke dinas & pihak terkait
-Jenis Ikan
-Berat ikan yang ditangkap (dalam kg)

3. Gelombang Perairan
- Informasi Gelombang Perairan Indonesia dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tentang arah
- Gelombang dan ketinggian gelombang.

4. Informasi angin
- Informasi arah angin perairan Indonesia dari BMKG

5. Informasi harga ikan pelabuhan
- Menampilkan data harga ikan dari data Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan, Direktorat Jenderal
- Perikanan Tangkap, KKP, hal yang berkaitan dengan update data terbaru tidak berasal dari aplikasi ini.

6. Nama ikan dari 3 penamaan
- Nama Daerah
- Nama Inggris
- Nama Latin

7. Cuaca Perairan
- Arah angin
- Kecepatan angin
- Curah hujan,
- Kondisi cuaca
- Tinggi gelombang pada koordinat tertentu
- Anjuran (aman, waspada dan bahaya) untuk melaut

8. Informasi Pelabuhan

9. Perkiraan BBM
- Simulasi perkiraan BBM yang dibutuhkan bila ingin menuju titik tertentu.

10. Hitung BBM
- Simulasi besar biaya yang diperlukan bila ingin menuju titik tertentu

11. Chatting
- Sarana untuk percakapan antar pengguna

[post_ads]

KOMENTAR

Nama

Acara,13,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Bawaslu Demak,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,7,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,59,Kabar Nasional,6,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KH. Ma'ruf Amin,1,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,16,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,11,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,5,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: "Laut Nusantara" Aplikasi Untuk Nelayan Dan Mancing Mania
"Laut Nusantara" Aplikasi Untuk Nelayan Dan Mancing Mania
Bagi kamu mancing mania yang suka mancing di laut pengen dapat "strike" dan tangkapan banyak, atau anda nelayan yang ingin tangkapannya banyak sekarang ada aplikasi berbasisi android yang membantu mencarikan spot / tempat di laut yang ikannya sangat banyak. Nama aplikasinya adalah "Laut Nusantara". Aplikasi ini diklaim telah terbukti membantu nelayan meningkatkan hasil tangkapan sebanyak dua kali lipat.
https://1.bp.blogspot.com/-ZPgmrHzg46U/W6FOGkjf9lI/AAAAAAAAE8M/J-TqGRNVHpkSLNtuPKeLgoGGuDnn9xSIQCLcBGAs/s320/nelayan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZPgmrHzg46U/W6FOGkjf9lI/AAAAAAAAE8M/J-TqGRNVHpkSLNtuPKeLgoGGuDnn9xSIQCLcBGAs/s72-c/nelayan.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2018/09/laut-nusantara-aplikasi-untuk-nelayan.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2018/09/laut-nusantara-aplikasi-untuk-nelayan.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin