$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Adinuha, Pemuda 18 Tahun Pilih Usaha Sablon Daripada Kerja Di Pabrik

Bagikan :

Bagi anak muda yang sedang bingung mau kerja apa, mungkin pilihan Adi warga desa Pecuk RT 5 RW 2 kecamatan Mijen kabupaten Demak bisa jadi inspirasi dalam memilih pekerjaan. Anak muda umur 18 tahun ini dalam beberapa bulan terakhir menggeluti usaha sablon kaos manual. Demi menseriusi pekerjaan barunya ini, adi yang bernama lengkap Noor Iftah Adinuha rela keluar dari pekerjaannya di sebuah pabrik tas di Jepara.

Menurut ahli, untuk memilih sebuah usaha ada 3 hal yang menjadi pertimbangan, yaitu pertama berdasarkan minat atau kesukaan, kedua berdasarkan keahlian yang dimiliki, dan yang ketiga berdasarkan permintaan pasar. Adi memilih usaha sablon ini karena dia punya minat dan kesukaan menggambar. Dan kebetulan dalam beberapa tahun terakhir usaha sablon lagi booming. Banyak anak muda yang lebih memilih kaos sablon dengan desain unik dan ekslusive dibanding memilih kaos pasaran.

Mulai dari Nol dan Modal Nekat.

Adi memulai usaha sablon ini tanpa memiliki pengetahuan dan keahlian sablon sama sekali, modal dia hanya nekat. Bermodal kesukaan menggambar manual dan sedikit uang hasil membuat desain Adi memberanikan diri membeli peralatan sablon seadanya seperti screen, obat afdruk, rakel dan cat.

Adi belajar sendiri menyablon secara autodidak di kamar yang setiap malam digunakan untuk tidur, karena belum punya ruang khusus untuk menyablon. Adi memulai belajar menyablon dengan membuat desain gambar secara manual tanpa komputer. Beruntung Adi memiliki bakat menggambar sehingga desain yang dibuat dengan tangan hasilnya lumayan bagus.

Desain tersebut dia pindah ke screen, yang disebut dengan afdruk. Proses afdruk ini tergolong paling sulit dalam sablon. Berkali-kali adi gagal melakukannya sampai akhirnya dia menemukan formula yang tepat dalam proses afdruk. Hal ini ditandai dengan hasil secreen yang lubangnya pas sesuai desain.

Setelah afdruk screen jadi, langkah selanjutnya adi belajar mencetak ke media kain atau kaos. Proses ini ternyata juga butuh belajar lebih, satu dua kali tidak cukup untuk bisa menghasilkan cetakan yang bagus. Butuh berkali - kali uji coba formula cat dan melatih teknik menggesut rakel/kuas agar cetakan hasilnya sesuai harapan.

Setelah dirasa bisa menyablon dengan baik, Adi memberanikan diri menawarkan jasa pembuatan kaos sablon.



Memanfaatkan Sosial Media Untuk Memasarkan Produk

Bisa menyablon saja ternyata tidak cukup, Adi punya tantangan yang lebih berat lagi dalam menjalani usaha sablon kaos, yaitu dalam hal memasarkan produknya. Apalagi pemain dalam dunia sablon saat ini ada banyak.

Dalam memasarkan produk Adi memanfaatkan jaringan perteman dan komunitasnya, serta memanfaatkan media sosial. Disamping itu dia menggunakan BBM (D7F8C844) dan WhatsApp (081226792819) untuk menjalin relasi dengan pelanggannya. Pengalaman dia yang pernah jualan online dan memiliki online shop sangat membantu menghidupkan usaha sablonnya. Dari  situ banyak order pembuatan kaos sablon yang dia terima.

Agar mudah dikenal orang, Adi mengusung brand atau merek kaos dia dengan nama "LBRSL.CLTH" dengan harapan bisa bersanding dengan brand terkenal yang sudah ada seperti Dagadu, Joger, Dadung, Capung, C50 dan lainnya.

Melihat kesungguhan Adi dalam menekuni bisnis sablon kaos manual, Ayah Adi akhirnya membelikan sebuah laptop second (bekas) seharga 3 juta untuk membantu adi dalam membuat desain. Ayahnya juga membuatkan tempat khusus bagi Adi yang digunakan sebagai workshop produksi kaos sablon.

Apakah anda ingin berwirausaha? usaha apa yang ingin anda lakukan? Anda bisa mempertimbangkan dan memilih diantara 3 hal ini, yaitu : apa yang anda sukai / minati, keahlian apa yang anda miliki, dan produk/jasa apa yang saat ini dan yang akan datang dibutuhkan oleh orang banyak?

 Selamat berwirausaha.


KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,18,Kabar Nasional,2,Karang Taruna,3,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,6,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Pilihan,90,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,12,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Adinuha, Pemuda 18 Tahun Pilih Usaha Sablon Daripada Kerja Di Pabrik
Adinuha, Pemuda 18 Tahun Pilih Usaha Sablon Daripada Kerja Di Pabrik
Bingung mau usaha apa? Langkah Adinuha menekuni usaha sablon kaos manual di demak ini bisa menjadi inspirasi. Adi rela meninggalkan kerjaan di pabrik untuk membuka usaha sablon kaos manual. Dia memulai dari nol, belajar sablon secara autodidak. dan memanfaatkan sosial media untuk memasarkan kaos sablon manual
https://1.bp.blogspot.com/-Btnv3iqaGJA/WNVPGBLF4iI/AAAAAAAACvk/Mj6_LitfpcIovblsIKt_RgkbRur8fr74gCLcB/s320/P_20170323_114555.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Btnv3iqaGJA/WNVPGBLF4iI/AAAAAAAACvk/Mj6_LitfpcIovblsIKt_RgkbRur8fr74gCLcB/s72-c/P_20170323_114555.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2017/03/adinuha-pilih-usaha-sablon-daripada-kerja-di-pabrik.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2017/03/adinuha-pilih-usaha-sablon-daripada-kerja-di-pabrik.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin