$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Semangat Melayani Efeknya Memang Luar Biasa

Bagikan :


Seorang Guru mengajarkan, jangan sampai orang mengenalmu karena pengajian mu, tapi sebisa mungkin mereka mengenalmu karena Budi pekerti, perhatian dan keteledananmu. Jadi kepribadian menggaransi ilmu bukan sebaliknya. Jelas saya belum bisa mengamalkan nasihat itu. Saya memperhatikan, dan benar adanya, tokoh-tokoh besar dicintai umat karena cara berpikir ini. Jika diringkas dalam satu kata, maka ia adalah Pengabdian.

Pengabdian, asasnya adalah menyukai hal-hal positif bagi orang lain sebagaimana kita suka kebaikan itu bagi diri kita. Ternyata nasihat ini bukan hanya berlaku dalam dakwah, tetapi ini juga berlaku dalam bisnis. Semua teori Marketing, bermuara pada satu kata kunci, jika dalam dakwah kata kunci itu adalah pengabdian, maka padanan kata ini dalam bisnis adalah Layanan.

Layanan, artinya kita selaku produsen, agen, sales, penyedia jasa dll memperlakukan konsumen sebagaimana kita ingin diperlakukan jika kita pada posisi mereka. 2010 lalu ketika merintis usaha, karena keteledoran yang kerja di bagian produksi saya pernah mengantarkan order antar Kota padahal nominalnya tidak cukup untuk mengganti bensin, apalagi "mengganti" waktu yang saya gunakan. Pernah karena salah cetak satu kata, brosur yang nilainya ** jt saya relakan tidak dibayar.

Ruh bisnis apapun skalanya adalah melayani, dengan prinsip ini keuntungan akan datang sendiri. Sebagaimana dalam dakwah, guru saya mengajari bahwa spirit berbisnis harus melampaui keinginan mendapatkan keuntungan. Seperti kasus terakhir saya mempunyai konsumen sangat rewel sekali, meskipun transaksi nilainya besar saya merugi, minta ini minta itu sampai minta uang sebagian kembali, tapi saya sabar layani. Selang dua Minggu dia bawa saudara-saudaranya untuk menggunakan layanan kami. Melayani memang tidak pernah rugi

Prinsip melayani caranya mengandaikan diri menjadi konsumen, dengan cara ini akan banyak gagasan, misalnya dulu paling senang kalau beli buku dapat diskon, sampul gratis dan ketika isi tidak sesuai harapan bisa ditukar atau dikembalikan, ketika harapan saya sebagai konsumen saya terapkan kedalam salah satu lini usaha, meskipun memulai dari kecil terbukti bisa tumbuh dan terus berkembang.

Prinsip ini jika ditanamkan pada anggota tim, maka akan timbul rasa memiliki, jika sudah timbul rasa memiliki saya anggap sebagai keluarga sendiri. Sesuai kemampuan, saya akan memenuhi kebutuhannya sebagaimana kebutuhan saya sendiri, keperluan anaknya seperti keperluan anak saya sendiri, tentu saja sesuai pertumbuhan usaha. Tim awal yang dulu saya bangun, dan beberapa tahun lalu mereka memulai bisnis sendiri dengan prinsip melayani ini, terbukti sukses, ada yang omzetnya ratusan juta.

Melayani memang harus menjadi spirit semua anggota yang bekerja, harus menjadi Budaya bisnis kita, sedini mungkin mulai satuan, belasan, hingga ribuan pekerja. Jika budaya kerja tidak dikelola sejak dini maka bisnis akan carut marut, seperti Tony Hsieh harus menjual linkexchange karena semua tiba-tiba terasa tak terkendali.

Mengabdi atau melayani adalah intisari hadis Nabi,

لا يؤمن احدكم حتى يحب لاخيه ما يحب لنفسه
Tidak sempurna iman kalian sehingga kalian menyukai kebaikan untuk saudaramu sebagaimana kalian menginginkan kebaikan itu untuk diri kalian sendiri.

Sayang non-muslim lah yang pandai mengamalkan hadis ini bukan kita. Subtansi hadis ini ada dalam semua agama. Dan filosofinya mendasari semangat eksperimen dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mendasari penemuan dan penciptaan.

Misalnya produsen kendaraan, Tesla Motor, Lamborghini, Ferari, Ford, Toyota, Mitsubishi, Honda dll mereka (CEO dan Insinyur) membayangkan mengendarai mobil yang responsif, aman, hemat bahan bakar, canggih, smart, dan ternyata memang begitulah keinginan konsumen. Produk mereka diterima publik dunia.

Demikian juga Apple, Samsung dll membayangkan menggunakan teknologi komunikasi yang super canggih, kapasitas tinggi, kokoh, kuat, tahan air, Charge tidak perlu lama, maka jadilah iPhone 7 dan Samsung Galaxi S7 Edge. Dua perusahaan raksasa Amazon dan Alibaba rumusnya sama, melayani dengan slogan costumers are number One .

Ini salah satu contoh kenapa Abas Aqad, Toha Husein, Muhammad Abduh, sepulang dari Amerika dan Eropa mengatakan, Barat lebih Islami dari Mesir, Islam ada dalam perilaku masyarakat Barat, meskipun mereka bukan muslim bahkan ateis.

Jika terlalu jauh membawa spirit ini seperti Barat melakukannya, maka kita lakukan yang dasar-dasar saja, melayani kita turunkan jadi merasakan.

KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,20,Kabar Nasional,3,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,91,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Semangat Melayani Efeknya Memang Luar Biasa
Semangat Melayani Efeknya Memang Luar Biasa
https://1.bp.blogspot.com/-vnOGcflIv8Y/WE0tOKFEIrI/AAAAAAAACcs/qZOW2CuxkT0kIax8SUXgZnkFoEiVuzl_gCLcB/s320/509732df3b37523f6f184f64490e852c_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vnOGcflIv8Y/WE0tOKFEIrI/AAAAAAAACcs/qZOW2CuxkT0kIax8SUXgZnkFoEiVuzl_gCLcB/s72-c/509732df3b37523f6f184f64490e852c_1.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2016/12/semangat-melayani-luar-biasa-efeknya.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2016/12/semangat-melayani-luar-biasa-efeknya.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin