$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Hangat & Sedapnya Wedang Jamu Coro Memantik Kenangan

Bagikan :


Apakah di tempatmu masih ada yang jualan minuman enak ini? Suatu yang menggembirakan bisa ketemu minuman favorit yang pernah nge-hits di era 90an, yaitu wedang jamu coro atau wedang jung. Minuman tradisional yang diklaim khas jawa tengah (orang demak mengklaim minuman khas Demak) ini memiliki cita rasa hangat gurih manis dan menyegarkan, karena terbuat dari rempah-rempah, potongan kelapa dan gula jawa.

Hanya dengan merogoh kocek 2K (K istilah kekinian untuk menyebut angka ribuan) kita bisa menikmati semangkuk minuman hangat jamu coro di sebuah gerobak yang mangkal setiap pagi di daerah mbengkal 100 meter dari kantor kecamatan mijen.

Bahan-bahan rempah seperti jahe, serai dan merica memberi cita rasa jamu coro ini berasa harum pedas dan hangat menyegarkan. Ciri khas minuman ini adalah bertekstur kental dan berwana coklat muda alami. Tekstur dan warna ini berasal dari bahan tepung beras yang disangrai bersama rempah hingga harum dan berwarna kecoklatan.


Minuman ini memiliki manis sesuai kebutuhan lidah orang jawa dengan menggunakan pemanis gula jawa atau gula aren. Penggunaan gula jawa ini juga memunculkan aroma yang khas sehingga minuman ini bercita rasa unik. Penambahan potongan kelapa yang empunk dan kenyal menjadikan minuman ini makin mantab.

Begitu menyerutup satu sendok jamu coro, ingatan terpantik menelusur ruang waktu masa lalu saat menikmati wedang jamu coro. Dahulu minuman ini menjadi teman setia saat kumpul bersama, dinikmati sambil nyemil jajan tradisional seperti getuk, aneka jajan rebus seperti pisang, kacang, dan ubi.

Dahulu minuman ini dijajakan keliling diletak dalam wadah gentong kecil yang disebut "kelenting" dibalut karung tebal dan digendong seperti jamu gendong. Ada juga yang dijual mangkal atau warungan namun tetap diletakkan dalam gentong yang terbuat dari tanah liat.

Penjual wedang jamu coro dengan gerobak di mbengkal kecamatan mijen

Seiring perkembangan zaman penjualan jamu coro kini menggunakan gerobak atau sepeda tidak lagi digendong. Wadah yang dipakai pun bukan lagi gentong yang terbuat dari tanah liat, namun panci yang terbuat dari logam alumunium. Agar suhu minuman jamu coro tetap hangat, para penjual memanasinya dengan memasang kompor gas. Penggunaan gerobak dan panci alumunium ini saya temui di daerah mbengkal kecamatan mijen kabupaten Demak. Meskipun demikian masih ada yang mempertahankan penggunaan gentong. Hal ini untuk menjaga cita rasa dan ciri khas jamu coro.

Penjual jamu coro keliling dengan sepeda berasal dari Desa Rejosari Kecamatan Karang Tengah

By the way, meskipun minuman tradisional ini cocok untuk nostalgia masa lalu, namun miunam jamu coro ini tetap kekinian dan cocok untuk anak muda jaman sekarang. Kelebihan minuman ini adalah terbuat dari bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan, sehingga tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan sebagaimana miuman-minuman instant zaman sekarang yang terbuat dari bahan kimia.

KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,18,Kabar Nasional,2,Karang Taruna,3,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,6,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Pilihan,90,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,12,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Hangat & Sedapnya Wedang Jamu Coro Memantik Kenangan
Hangat & Sedapnya Wedang Jamu Coro Memantik Kenangan
Suatu yang menggembirakan hanya dengan 2 K bisa menikmati minuman tradisional wedang jamu coro yang pernah nge-hit populer ditahun 90an. Minuman khas demak berbahan rempah jahe serai merica tepung beras dan gula jawa ini terasa pedas gurih manis hangat menyegarkan.
https://4.bp.blogspot.com/-kPpyWLhu918/WGQw0WrOrmI/AAAAAAAAChA/usjICDdzVpQx_eNG-sw8ztNvTk6EkHaOwCLcB/s640/PicsArt_12-28-11.16.03.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-kPpyWLhu918/WGQw0WrOrmI/AAAAAAAAChA/usjICDdzVpQx_eNG-sw8ztNvTk6EkHaOwCLcB/s72-c/PicsArt_12-28-11.16.03.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2016/12/hangat-sedapnya-wedang-jamu-coro-memantik-kenangan.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2016/12/hangat-sedapnya-wedang-jamu-coro-memantik-kenangan.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin