$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Pantura Digoyang Lindu, Waspada Pesan dari Bumi

Bagikan :

Pukul satu dini hari warga di Jepara, Kudus, Demak, Pati dan sekitar dikejutkan oleh getaran gempa yang dalam bahasa jawa di sebut lindu. Lindu yang sempat menggoyang bumi jepara dan sekitarnya berlangsung selama beberapa detik.

Lebih mengejutkan lagi, setelah mereka berbagi informasi di media sosial tentang apa yang mereka rasakan dan mencari sumber gempa di internet, ternyata BMKG secara resmi mengumumkan pusat gempa terjadi di sebelah timur laut kota Jepara, tepatnya 26 km sebelah timut laut dengan kedalaman 14 km. Beruntung gempa tidak berpotensi tsunami.
Peta utara jawa, jepara dan sekitarnya
Gempa ini menurut saya menimbulkan tanda tanya besar. Kenapa? pasalnya wilayah utara jawa oleh ahli Geologi tidak memiliki sejarah gempa juga diprediksi tidak memiliki potensi bencana gempa bumi. Bahkan Ahli nuklir dari Batan menempatkan proyek PLTN di Jepara karena dinilai aman dari bahaya gempa bumi. Lantas jika ternyata ada gempa seperti tadi pagi, apa yang harus kita lakukan?

Ubah Peta Mitigasi Bencana

Dengan adanya bencana gempa bumi yang terjadi di wilayah pantura, pemerintah dan lembaga-lembaga terkait harus memasukkan "potensi" gempa dalam peta mitigasi bencana di wilayah utara jawa. Apalagi saat ini pemerintah sedang mencanangkan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, pemerintah di wilayah pantura melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah harus sigap memasukkan "mitigasi bencanagempa bumi" dalam program kerja mereka.

Selain itu Risiko bencana harus di masukkan dalam aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam membuat kebijakan, semisal yang ada di depan mata kita adalah proyek PLTN yang ada di semenanjung Muria.

Introspeksi Diri

Sebagai masyarakat religius yang mempercayai kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa, kejadian bencana "lindu" yang menggoyang wilayah pantura jawa, mungkin patut kita jadikan bahan introspeksi diri. Ya arahnya kita pasti tahu introspeksi seperti apakah yang perlu dilakukan. Saya tak perlu menyebut dalil-dalil azab maupun kisah-kisah orang terdahulu yang diazab Tuhan, karena kita pasti sudah sampai bosan diberi ceramah soal ini.
Spanduk yang digunakan untuk promosi "goyangan" dalam gerebeg Besar
Pertanyaannya, apakah lindu yang menggoyang wilayah pantura, karena seringnya masyarakat menggelar acara "goyang"? Bahkan di Demak dalam acara religi Gerebeg Besar menu Goyang artis-artis yang mengumbar aurot menjadi suguhan yang dominan dan gencar dipromosikan. Benarkah seperti itu? entahlah tapi yang pasti setiap kejadian pasti ada pesan yang harus diperhatikan. Para ilmuwan silahkan mengkaji kejadian ini, rohaniawan silahkan direnungkan.

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,18,Kabar Nasional,2,Karang Taruna,3,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KOHD,6,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,13,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Pilihan,90,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,12,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,4,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Pantura Digoyang Lindu, Waspada Pesan dari Bumi
Pantura Digoyang Lindu, Waspada Pesan dari Bumi
http://3.bp.blogspot.com/-viRLtkX6Lw4/Vin5OohEyWI/AAAAAAAABrU/1LCQGDHGkoA/s400/Gempa%2BJepara.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-viRLtkX6Lw4/Vin5OohEyWI/AAAAAAAABrU/1LCQGDHGkoA/s72-c/Gempa%2BJepara.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2015/10/pantura-digoyang-lindu-waspada-pesan.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2015/10/pantura-digoyang-lindu-waspada-pesan.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin