$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Untuk Apa Gerebeg Besar Diselenggarakan?

Bagikan :

Setiap tahun agenda grebeg besar atau besaran diselenggarakan. Poster dan baliho dengan gambar artis-artis dangdut menunjukkan tubuh bahenol dipasang disudut-sudut kota demi menarik pengunjung. Lalu untuk apa sebenarnya besaran ini diselenggarakan? Agenda ini kelanjutan dari dakwah para wali atau justru sebaliknya pengingkaran terhadap syiar mereka? Mari kita telusuri.

Poster Gerebeg Besar Yang Menampilkan Gambar Biduan Dangdut , Yang dipasang oleh Diana Ria (Penyelenggara)

Besaran diselenggarakan setahun sekali setiap bulan besar atau bulan Dzulhijah untuk memperingati hari raya Idul Adha. Menurut Sri Mulyono via Agus Sunyoto hari besar yang harus diperingati di Kasultanan Demak pada waktu itu adalah hari raya idul Fitri, Idul Adha, dan Maulud Nabi, yang terakhir inilah yang paling diutamakan.

Untuk memeriahkannya, Raden Fatah membuat gamelan laras pelog yang pada hari-hari tertentu terutama pada ketiga hari yang disebutkan di atas diletakkan di bangsal masjid dan dimainkan. Tujuannya apa? Untuk menarik minat masyarakat. Dan memang benar banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung melihat dan menikmati. Gamelan itu diberi nama sekati, dari kata syahadatain. Masyarakat yang datang dan tertarik memeluk Islam lalu dibimbing untuk mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai pernyataan memeluk Islam. Sekarang gamelan sekati guntur madu terdapat di Yogyakarta.

Foto: Gamelan Sekati Guntur Madu asal Demak (Sumber Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto)
Lalu apa tujuan acara grebeg besar yang diselenggarakan pada tahun-tahun belakangan ini? Apakah kita percaya jika tujuannya adalah untuk syiar Islam sebagaimana yang dilakukan oleh Raden Fatah?

Besaran saat ini diselenggarakan di lapangan tembiring. Antara masjid dengan lapangan Tembiring tempat diselenggarakannya besaran tidak terhubung secara idiologis. Lapangan tembiring ramai tetapi masjid kesepian.  Besaran yang diselenggarakan sekarang berorientasi ekonomi. Tujuannya untuk mengeruk pendapatan sebanyak-banyaknya. Seolah-olah antara dakwah dan ekonomi adalah hal yang berbeda dan tidak bisa diselaraskan. 

Memang sekarang ini agama dan kesejarahan dijual. Istilah untuk ziarah saja diganti dengan wisata religi. Ziarah adalah mendatangi makam para aulia dengan tujuan mengormati jasa-jasa para aulia, mendo’akannya agar mendapatkan inspirasi atas ketakmawaan mereka. Sedangkan wisata religi terdengar berorientasi jualan. Sebuah tempat diekploitasi sedemikian rupa agar dapat dikunjungi sebanyak-banyaknya orang dan ujung-ujungnya adalah pemasukan.
----------------
Penulis: Muhajir Arrosyid, Warga Demak Pegiat literasi, pendidikan, seni dan budaya. Dosen Universitas PGRI Semarang.

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,2,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,22,Kabar Nasional,5,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KH. Ma'ruf Amin,1,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,95,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,5,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Untuk Apa Gerebeg Besar Diselenggarakan?
Untuk Apa Gerebeg Besar Diselenggarakan?
http://1.bp.blogspot.com/-NgPs9-CE2Ts/VguiiRGEb5I/AAAAAAAABhE/vfIGYjCx3kY/s1600/poster%2Bdangdut%2Bgerebeg%2Bbesar.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-NgPs9-CE2Ts/VguiiRGEb5I/AAAAAAAABhE/vfIGYjCx3kY/s72-c/poster%2Bdangdut%2Bgerebeg%2Bbesar.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2015/09/untuk-apa-gerebeg-besar-diselenggarakan.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2015/09/untuk-apa-gerebeg-besar-diselenggarakan.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin