$type=grid$count=4$va=0$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Arif siswa SMA 1 Dempet , Wakili Indonesia di ASPC Thailand

Bagikan :

Prestasi membanggakan diraih oleh siswa asal Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Berkat karya tulisnya tentang burung hantu, siswa itu mewakili Indonesia di ajang internasional.


Kenaikan kelas kali ini merupakan hari yang bersejarah bagi Arif Setiyadi (17). Siswa SMA Negeri 1 Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang baru saja naik bangku kelas XII IPA ini berkesempatan mengikuti Asean Student Science Project Competition (ASPC) di Thailand pada 5 Juli hingga 11 Juli 2015, mewakili Indonesia.

Momen langka seperti ini bukanlah perolehan secara cuma-cuma. Sebelumnya Arif berhasil menyisihkan ratusan peserta dari berbagai penjuru Indonesia dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-46 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun 2014.

Sebuah prestasi yang sangat membanggakan tentunya bagi bocah yang sehari-hari menghabiskan waktu luang bersama keluarga kecilnya di desa terpencil sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Demak.

Warga Desa Dempet RT 01 RW 03, Kecamatan Dempet ini mengantongi peringkat ketiga dalam kejuaraan nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pencapaian sulung dari dua bersaudara putra pasangan Nur Ali dan Asih Susanti berkat hasil karya berjudul 'Pola Aktivitas Burung Serak Jawa (Tyto Alba) Sebagai Predator Tikus di Desa Inovasi Tlogoweru'.

"Saya dedikasikan penghargaan ini untuk keluarga dan SMAN 1 Dempet. Saya sendiri tidak menyangka bakalan seperti ini karena banyak karya lain yang lebih bagus," kata Arif saat ditemui Tribun Jateng usai menerima Rapor, Rabu (17/6).

Arif menuturkan, jauh hari hasil karya tulisnya itu bisa tercipta lantaran rasa penasaran terhadap konservasi burung hantu di Desa Wisata Tlogoweru. Mengapa hasil panen pertanian di desa itu yang semula sangat minim akibat ganasnya serangan tikus mulai berangsur optimal setelah dikembangbiakan Tyto Alba sebagai predator tikus.

"Saya tulis mulai dari siklus kehidupan Tyto Alba. Hingga peran Tyto Alba dalam memangsa tikus. Saya kupas semua tentang Tyto Alba di Desa Tlogoweru," terang bocah bertubuh tambun ini.

Menurut Arif, lewat bimbingan Guru Biologi SMAN 1 Dempet, Achmad Machin, karya tulisnya berhasil tembus masuk final sepuluh besar. Puncaknya, setelah dipresentasikan, karya tulis Arif masuk tiga besar.

Arif mengaku tidak terkendala dalam pembuatan karya tulis tersebut. Arif berujar, dirinya memang sejak SD mencintai bidang IPA khususnya Mata Pelajaran Biologi."Terhitung empat bulan saya menyelesaikan karya tulis setelah melalui beberapa revisi dari guru pembimbing saya. Saya bercita-cita menjadi dosen," ungkap Arif.

Achmad Machin, menambahkan, setelah Arif berhasil masuk tiga besar dalam LKIR. Arif diusulkan oleh LIPI untuk membawa hasil karya tulisnya mengikuti Asean Student Science Project Competition (ASPC) di Thailand pada 5 Juli hingga 11 Juli 2015 mendatang.

"Paspor sudah kami urus dan persiapan untuk mengikuti lomba sudah matang. Doanya saja semua berjalan dengan baik. Arif beserta dua orang dari daerah lain mewakili Indonesia ikuti ASPC," kata Achmad.

Kepala Sekolah SMAN 1 Dempet, Purnomo, menjelaskan, di mata para guru dan siswa, Arif tergolong siswa yang berprestasi. Bahkan, sambung dia, Arif memfokuskan rutinitasnya hanya untuk mengasah pengetahuannya di sekolah. Berbagai macam ekstra kurikuler diikuti termasuk Karya Ilmiah Remaja (KIR).

"Arif itu mudah ditemui setiap hari. Waktunya dia habiskan untuk mengikuti kegiatan sekolah. Kalau pulang sore-sore. Seperti penghuni sekolah Arif itu," kata Purnomo. Purnomo mengapresiasi dengan baik pencapaian siswanya ini. Dirinya berharap prestasi seperti ini dapat diikuti oleh siswa lain.

"Kami bebaskan seluruh biaya sekolah bagi Arif. Kami sangat bangga dengan Arif dan semoga siswa lain dapat berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik," kata Purnomo. Ibunda Arif, Asih Susanti, tak menyangka jika putranya yang dikenal penurut tersebut bakalan memperoleh prestasi ini. Dirinya pun berterimakasih kepada pihak sekolah yang senantiasa memberikan dukungan terbaik untuk Arif.

"Arif memang sejak SD selalu rangking tiga besar. Tadi hasil rapornya juga rangking tiga. Kami ini dari keluarga kecil, sehingga kami tak menyangka Arif bisa memperoleh penghargaan ini. Alhamdulilah jika usahanya untuk terus belajar ternyata membuahkan hasil, " imbuh Asih. (tribunjateng/Puthut Dwi Putranto)

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2015/06/19/berkat-menulis-tentang-burung-hantu-siswa-demak-ini-melenggang-ke-thailand

KOMENTAR

Nama

Acara,10,Agenda Kita,26,Anti Hoax,1,Apindo,1,Banser,3,Basmi Karaoke,1,Beras,2,Bisnis,2,BLK Demak,1,Bonsai Demak,1,Buah Tin,8,Buku Pustaka,6,Bupati Demak,1,Buruh,1,CPNS 2018,2,Demak Dalam Berita,37,Direktori,1,Ekonomi,10,Fatayat,1,Gerebeg Besar,1,GP Ansor,5,Gus Mus,1,Haul Sultan Fatah,1,Hikmah,2,Hukum,3,Ide Kreatif,2,Inspirasi Wong Demak,15,ISNU Demak,2,Jenis Buah Tin,1,Kabar,22,Kabar Nasional,5,Karang Taruna,4,Kecelakaan,1,Kesehatan,3,Ketanaga Kerjaan,1,Ketupat,4,KH. Ma'ruf Amin,1,KOHD,7,Kokam,1,Komunitas,4,Komunitas Literasi Demak,2,Kuliner Demak,4,Layanan Kepolisian,5,Layanan Kesehatan,3,Layanan Masyarakat,20,LBH Demak Raya,23,Lingkungan,3,Lowongan Kerja,14,LPK Ashabi,1,Manfaat dan Khasiat Tin,3,Masjid Agung Demak,2,Muhajir Arrosyid,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Nelayan,1,NU Demak,1,Olah Raga,4,Operasi Zebra Candi,1,Opini,18,Pendidikan,7,Penerimaan siswa baru,1,Pengolahan Sampah,1,Peristiwa,10,Pertanian,6,Piliha,1,Pilihan,95,Pilkada Jateng 2018,1,Pilkades 2016,1,Politik,1,Polres Demak,1,PSD Demak,3,Pustaka,1,Ragam,14,Religi,2,Resensi,1,RSI NU Demak,1,Sea Games,1,Sejarah,9,Sepak Bola,1,Sosial,13,Sosial dan Budaya,41,Tahun Baru,1,Taman Literasi Demak,3,Teknologi,1,Tentang Kami,1,THR,2,Tips dan Trik,6,Tol Semarang Demak,1,umk 2017,1,video,5,Wirausaha,11,wisata,1,Wisata Demak,9,
ltr
item
KCD News: Arif siswa SMA 1 Dempet , Wakili Indonesia di ASPC Thailand
Arif siswa SMA 1 Dempet , Wakili Indonesia di ASPC Thailand
http://2.bp.blogspot.com/-dFeK549vlL0/Vec25wxnTcI/AAAAAAAABMU/O53VbZMmli8/s320/Arif%2BSiswa%2BSMA%2B1%2BDempet%2Bwakili%2Bindonesia.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-dFeK549vlL0/Vec25wxnTcI/AAAAAAAABMU/O53VbZMmli8/s72-c/Arif%2BSiswa%2BSMA%2B1%2BDempet%2Bwakili%2Bindonesia.jpg
KCD News
https://www.kcdnews.com/2015/09/arif-siswa-sma-1-dempet-wakili-indonesia.html
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/
https://www.kcdnews.com/2015/09/arif-siswa-sma-1-dempet-wakili-indonesia.html
true
3709301962158094062
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin